chics tips merawat gitar

Merawat Gitar & Bass

Banyak yang bilang kalau partner hidup gitaris tuh sebenernya adalah gitar. Nah makanya sekarang mari kita bahas tentang merawat barang kesayangan kita yang satu ini.

Gitar memang dapat dikatakan instrumen musik yang paling populer. Karena harganya yang cukup terjangkau serta mudah dibawa kemana-mana, alat musik yang ini sangat sangat digemari baik yang baru mulai bermain musik maupun musisi profesional.

Merawat gitar atau bass itu susah-susah gampang. Susah, karena gitar itu termasuk instrumen yang sensitif, terutama gitar akustik. Sedikit debu, perubahan suhu dan kelembaban saja berpengaruh banyak terhadap perubahan karakter suara yang dihasilkan. Tapi jangan berkecil hati, merawat alat musik yang satu ini sebenarnya gampang karena dengan beberapa cara sederhana, gitar bisa terawat dengan baik. Terus caranya gimana? Boleh baca tips-tips di bawah ini, dan jangan lupa dikerjakan yah!

1. Bersihkan senar, setidaknya seminggu sekali, atau lebih baik setiap selesai dimainkan. Tanpa disadari kita mengeluarkan keringat saat bermain gitar, dan kalau tidak dibersihkan akan cepat membuat senar berkarat, dan tentunya mengubah karakter suaranya. Untuk membersihkan, cukup dilap dengan kaus atau kain berbahan lembut, bila perlu dibasahi dengan cairan string cleaner (pembersih senar) yang tersedia di toko-toko musik.

2. Letakkan dengan benar. Posisi terbaik adalah ditelentangkan, dengan posisi senar bebas tidak menyentuh permukaan apapun. Atau juga boleh menggunakan stand gantung, di mana gitar digantungkan di bagian neck-nya. Jangan disandarkan di dinding, karena itu sangat tidak baik untuk gitar karena akan membuat neck perlahan menjadi bengkok

3. Bersihkan gitar. Selain senar; body, fretboard, bagian lainnya juga wajib bersih. Tujuannya selain biar enak dilihat, juga menjaga kualitas akustiknya. Bersihkan dengan lap kering berbahan halus. Untuk bagian fret, kamu juga bisa menggunakan cairan pembersih seperti fastfret yang sudah dilengkapi brush dan kain lapnya.

4. Simpan gitar di tempat yang kering, artinya suhu ruangan tidak terlalu lembab, supaya tidak terjadi karat yang akan merusak gitar, terutama kayu, senar, pick up atau bagian lainnya. Jangan terkena sinar matahari langsung dan jangan diletakkan langsung di depan AC. Usahakan letakkan bass atau gitarmu di ruangan dengan suhu stabil. Karena karakter kayu dan senar yang memuai saa panas dan menyusut saat dingin, ini dapat mempengaruhi suara yang dihasilkan jika terpapar suhu ekstrim.

5. Ganti senar ketika sudah berkarat, jangan tunggu putus atau jelek. Karena selain berpengaruh ke suaranya, itu juga akan merusak fret. Ganti senar harus satu set, jangan satu-satu, meskipun yang putus hanya satu. Fungsinya, supaya frekuensi dan karakter suara semua senar seragam.

Nah mudah-mudahan dengan tips-tips tadi, gitar kita jadi bisa lebih terawat dan awet pastinya. Buat kamu yang ingin restring alias ganti senar dan beli berbagai peralatan merawat gitar juga ada koq di Chic’s Music Warehouse. Selamat mencoba!

Scroll to Top