Memilih Gitar/Bass yang tepat

Apapun barang yang kita beli, tentu ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan, supaya yang dibeli nantinya terpakai dan sesuai kebutuhan. Cocok belum tentu berarti mahal, tapi yang tepat.

Dalam artikel ini ChicsTeam akan membahas tips untuk memilih gitar dan bass yang cocok buatmu. Nah silahkan disimak tips2 berikut!

1. Jenis kayu

Bass dan gitar umumnya berbahan dasar kayu, dan itu sangat mempengaruhi sound dasar dan ketahanan instrumen tersebut. Setiap kayu memiliki karakter suara dan tingkat kepadatan yang berbeda. Bukan berarti kayu yang satu lebih bagus dari yang lain, tapi sesuaikan dengan selera sound kamu, serta kayu yang cocok untuk iklim tropis buat kita yang tinggal di Indonesia. Untuk info mengenai jenis suara yang dihasilkan tiap jenis kayu, bisa nanya sama mbah google ya…

2. Elektronik & Pickup

Pickup adalah alat yang ‘mengangkat’ suara yang dihasilkan oleh sebuah gitar atau bass. Inilah faktor terbesar yang mempengaruhi suara yang nantinya keluar. Ada 2 jenis pickup yang biasa digunakan: humbucker dan single coil.

Selain itu letak pickup ada untuk neck dan bridge. Cek apakah semua pickup switch-nya berfungsi normal. Selain itu cek juga tone control (volume, treble, bass knob, dll) apakah semuanya berfungsi dengan baik.

3. Bentuk Neck

Bentuk neck juga menjadi hal yang penting untuk kita coba. Ada neck gitar / bass yang cenderung tipis dan lebar, ada yang tebal tapi sempit, ada yang C-shaped. Pastikan kamu memilih yang nyaman di tangan karena ini sangat mempengaruhi playability tangan kiri kita. Kalau terlalu lebar, nanti kita tidak bisa menjangkau semua not, dan kalau terlalu sempit jari kita cenderung akan tabrakan terus. Selanjutnya cek apakah truss rod nya lurus. Truss rod ini pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemain).

4. Bridge

Terutama untuk gitar, perhatikan apakah jenis bridge-nya up/down, untuk memudahkan kamu bending. Kalau musik yang kamu mainkan tidak perlu banyak bending ini tidak menjadi masalah. Cek juga apakah mudah untuk mengganti senar.

5. Berat dan bentuk

Bila teman-teman banyak perform dengan berdiri di atas stage, berat instrumen penting dipertimbangkan, karena alat musik yang terlalu berat akan membuat kita lelah dan tidak maksimal bermain. Kalau hanya digunakan untuk recording sih tidak jadi masalah, karena kita menggunakannya dalam posisi duduk. Selain itu lihat bentuk body-nya, jangan sampai terlalu tebal atau tipis, atau terlalu besar, dan yang terpenting nyaman saat dipegang.

 

Mintalah pendapat para teman-teman yang lebih ahli atau berpengalaman agar juga tidak salah beli. Jangan sungkan bertanya dan mencoba langsung dengan datang ke Chic’s musik Warehouse, karena ada segudang pilihan dan juga ChicsTeam yang siap membantumu memilih yang tepat.

Semoga artikel ini membantu para gitaris dan bassist untuk mendapatkan alat idamannya. Selamat memilih!

Scroll to Top